Pages

Tuesday, December 14, 2004

Creative Leaps - The book you must have!


Ini buku gila banget. Semua orang2 yang bekerja di industri periklanan (agency & client) harus baca buku ini! Jangan tertipu ama judulnya. Kesannya buku untuk orang creative ya? Padahal isi buku ini penting banget buat client service, media dan client.

One Word Brief
Ini salah satu chapter kesenangan gw. Hoy para mahluk2 berbaju necis dalam agency, lu semua kudu baca!!! Biar tauk brief yang proper tuh gimana. Sori kalo agak keras, habis gw cape. Sering banget ketemu client service yang lebih berfungsi sebagai client's servant. Client brief nggak diolah dulu, tapi langsung dijadiin creative brief. Halloooo... which side of earth are you living in? Kondisi ini menyebabkan banyaknya Account Director yang keahliannya cuma maintain/entertain client. Gila kali. But that's the fact. Gw sih bukannya mencari kambing hitam. Gw sendiri juga sering menghasilkan creative output yang kurang stand out. But you know why? Simply because I have to spent most of my time trying to find "what to say" which is not supposed to be my main job!

Make Lovemark, not trademark
Hari gini, iklan gak cukup dengan jadi ngetop... jadi bahan pembicaraan semua orang. Tapi iklan harus jadi trend-setting! Be different! Itu kuncinya. Get out from the cluttered. Make an advertisement that will be loved by people. Once stick to their heart, you'll win the market. Everyone is impulsive buyer. We tend to buy things that we like/love instead of need. Asik kan... hehehehe...

Well... sebenernya masih banyak ilmu-ilmu lain yang bisa didapat. Tapi mending baca ndiri deh. Seru banget bacanya. Have a pleasant reading then...

2 comments:

snydez said...

mas.mas.. mo nanya PSA nih..
kalo nanya disini khan gak peduli, mo jam 4 pagi..khan :P

rangga said...

hahaha... gua juga baru aja ngerasain tuh yang tentang The Suits... abis brief, kok tiba-tiba creativenya yang sibuk nyari2 TA, psikografis dan tetek bengeknya... bahkan akhirnya kok kita juga yang nentuin What To Say...

Mungkin mereka salah ngartiin "Creative Brief".... mungkin mereka kira itu brief yang dibikin ama creative.. hehehehe

Cheers.