Pages

Friday, December 17, 2004

Nge-MILIS yuuuuk



Kalau keajaiban dunia tidak harus menuntut keberadaan wujud fisik yang nyata, milis (mailing list) kaya'nya harus dimasukkan sebagai keajaiban dunia ke-delapan. It's so amazing how people that lives in different places can be united in a virtual group.

Berikut adalah milis-milis yang buat saya sih, cukup bermanfaat. Topiknya macem-macem. Berminat? Tinggal gabung. Gampang kan.

Creative Circle Indonesia
Diawali dari inisiatif beberapa tokoh senior periklanan untuk mendirikan organisasi nirlaba. Tujuannya sederhana. Meningkatkan kualitas periklanan Indonesia! Milis ini lumayan berfungsi untuk menarik minat banyak orang untuk mengetahui CCI lebih jauh. Hopefully akan ada yang tertarik dan mau berperanserta dalam kegiatan-kegiatan yang diadain CCI.

The Copymakers
Ini milisnya para copywriter. Penggagasnya Nadya dan Dewo (cowok... bukan cewek, gw ketepu juga tuh huahahaha). Sampe sekarang belum jelas misinya The Copymakers ini mau bikin apa. Sempet ngebahas hal-hal yang cukup serius, tapi lebih sering dipake buat becandaan.... bahkan chatting. But above it all, it's fun being member of this 'milis'.

Fisip UI Angkatan '90
Hahahaha... ternyata saya sudah cukup berumur (baca: tua, Red.).
I always miss the gool old day. Spending most of my first 2 years in campus at E-101 (kelas terbesar saat itu yang jadi tempat diadakannya MKDU - Mata Kuliah Dasar Umum dan MKWF - Mata Kuliah Wajib Fakultas). Nggak akan pernah terlupakan saat mahasiswa/mahasiswi baru yang masih culun berebutan mencium bendera berlogo Makara UI berwarna jingga di hari terakhir Ospek. Maunya sih bisa tetap keep in touch setidaknya lewat milis. Tapi ternyata aktivisnya ya yang itu-itu juga. Hahahaha...

Mahakam Sixers - Class of Year 1990
Masa di mana saya bermetamorfosis. Dari seorang bocah menjadi seorang remaja. 3 tahun yang akan selalu terukir dalam prasasti ingatan (ta'elah... bahasanya huehuehue). Kraaash (geng anak kelas II A1-1), SOD Six Or Die - gerombolan anak metal dari SMAN 6... adalah komunitas-komunitas sederhana (kalau nggak mau dibilang norak hehehehe) dengan ikatan yang sangat kuat. Perapatan Mahakam-Bulungan... saksi bisu ritual tawuran antara murid SMAN 6 dan SMAN 70.

Alumni SMAN 6 Jakarta - Semua Angkatan
Milis ini dibentuk berkaitan dengan adanya Reuni Akbar 50 Tahun SMU 6 tanggal 12 Oktober 2002 di JHCC. Suatu moment yang sangat penting dalam hidup saya karena saya mendapat suatu pengalaman yang sangat berkesan. Di situ juga saya mendapatkan anugerah terindah dalam kehidupan ini. Terima kasih sudah memberikan 1 tahun 3 bulan penuh kebahagiaan. Every little thing is like magic (meminjam istilah dari lagunya The Police - Every Little Thing She Does Is Magic).

Bunga Matahari
Lagi bosen, penat, cape', bete? Baca-baca puisi di milis ini lumayan menghibur. Cukup banyak perbendaharaan kosakata yang jarang dipakai orang, muncul di sini.

Copy & Concept
Copy n Concept adalah ajang diskusi dan tukar informasi tentang penulisan naskah iklan (copywriting) dan penggarapan sebuah konsep acara/program/produksi TV dan Radio.

Milis ini adalah milis tertutup. Khusus untuk Anda, para praktisi dan pemerhati Advertising, Production House, TV Production (TV Station), dan Radio Station.

Dari diskusi dan tukar info ini diharapkan dapat meningkatkan power of creativity, variety and quality, serta menjembatani pertentangan pemikiran, termasuk dengan partner kerja di luar penulisan (seperti dengan Art Director, bagi Copywriter).

(Dikutip langsung dari opening greetings milis Copy & Concept)

Iklan Jakarta
Milis KOMUNITAS PRAKTISI IKLAN JAKARTA yang diinisiasi oleh Pengda PPPI Jakarta ini bersifat terbuka untuk semua pekerja iklan di Jakarta di segala aspek. Dari pemilik sampai pekerja iklan di bidang client service, creative, media, production, dan lain sebagainya -- tanpa terkecuali. Termasuk para pemerhati iklan dari berbagai kalangan maupun para mahasiswa yang tengah menekuni studi periklanan maupun yang berminat berprofesi di industri periklanan.

(Dikutip langsung dari opening greetings milis Iklan Jakarta)

Sufi Islam
I learned lots of things from this mailing list. Dari hasil kajian di milis ini dan dari diskusi dengan teman-teman dekat, saya beruntung bisa merasakan keindahan pengembaraan sisi lain dari dunia religi.

Tasauf Hikmah
Tasuf Hikmah merupakan sebuah pendekatan sufistis-psikologis yang menekankan agar seorang mempelajari syari'ah sebelum ia mempelajari tasauf.
Hikmah disini merupakan suatu hal yang dicari karena merupakan ilmu yang tertinggi. Hikmah hanya bisa didapat ketika seseorang telah mendapat ridha dari Allah karena hikmah itu hanya datang dari Allah saja. Untuk mencari ridha Allah maka kita memakai aturan Allah.
Semoga hati kita dibersihkan, diri kita disucikan, amal kita dimudahkan, ridha Allah menjadi milik kita semua, ya semua karena kita semua adalah saudara.
Aamin.

(Dikutip langsung dari opening greetings milis Tasauf Hikmah)

Anak Polim
Milis bagi gerombolan-gerombolan yang pernah bermarkas di
Jl. Panglima Polim V No.3. Kedekatan kami begitu mengikat. Ada masa di mana tidak satu hari pun lewat tanpa kebersamaan. The best friends ever.

And last but not least...

Gamjor
Sebuah milis bahagia (begitu istilah yang digunakan para penghuninya) yang mampu meredam segala kekesalan dan kepenatan dalam hidup. Sejak April 2004 saya sudah tidak mengakses lagi e-mail2 dari milis ini. Tapi status sebagai moderator tidak akan saya lepaskan hehehehe...

Karena alasan ketidaktersebarluasan, headingnya tidak saya link ke milis bahagia. Nggak enak sama foundernya.

Ada beberapa milis (sedikit kok) yang tidak tercantum. Sebagian besar adalah milis-milis kantor di mana saya pernah bekerja (Chuo Senko, The First Edition & Hotline).

Demikianlah... mungkin dari daftar milis2 yang tertera membuat Anda bertanya-tanya, orang seperti apa saya? Mengapa ada milis-milis yang kontradiktif? Sejujurnya saya tidak bisa menjawab. Saya cuma menjalankan sesuai keinginan di dalam. Karena sesungguhnya saya tidak punya kuasa atas apa pun yang saya lakukan dalam hidup ini.

Happy milis-ing tereman-tereman!

1 comment:

santie said...

gmana cara gabung di milis bunga matahari? invite dooongg:)