Pages

Monday, March 16, 2009

Proses vs Result

Banyak sekali pendapat-pendapat yang terlontar mengenai topik ini. Mereka yang lebih menekankan hasil tentu saja menganaktirikan proses. Apapun prosesnya, yang penting adalah hasil akhirnya gimana. Berhasil atau tidak.

Tolong jangan ditarik topiknya ke arah "menghalalkan segala cara" ya. Topik ini saya angkat dengan asumsi bahwa kita semua adalah orang yang 'taat' pada hukum (dunia maupun akhirat).

Nah, buat yang mengutamakan proses, mereka sangat meyakini bahwa proses yang baik tentu akan
membawa hasil yang baik pula. Apa pun bentuknya. Dalam sudut pandang ini, kebermanfaatan tidak hanya dilihat dari satu sisi saja: keberhasilan. Semata karena ketidakberhasilan pun jika dilihat dari sisi positif, bisa membawa manfaat.

Tak jarang dalam sebuah diskusi, orang-orang dari sudut pandang yang beda ini menghasilkan sebuah pembahasan yang panjang lebar. Masing-masing berusaha menekankan 'kebenaran' paham yang mereka anut. Segala macam teori yang melandasi dilontarkan untuk memperkuat pendapat masing-masing.

Tapi diluar itu, buat saya tetap ada satu hal yang paling penting tapi justru paling berat untuk dilakukan: mengawali. Mau mengutamakan proses atau hasil, kalau ndak dimulai, apa pun itu ya nggak akan jalan.

Memulai ini yang kerap jadi susah karena kita cenderung penuh pertimbangan. Saking banyaknya pertimbangan, langkah awal justru nggak keambil-ambil.

Setelah langkah awal diambil, apakah berikutnya jadi lebih mudah? Nggak juga. Karena di tengah perjalanan, gangguan itu bisa terus muncul. Mereka yang mengutamakan proses kadang jadi tergoda untuk mengutamakan hasil. "Biar kelar aja lah..." gitu biasanya argumen yang dilontarkan. Hal sama juga berlaku bagi mereka yang mengutamakan hasil akhir. Kadang jadi iri untuk mengutamakan proses dengan harapan pencapaiannya lebih bermakna.

Jadi, kamu masuk yang mana? Proses ataukah Hasil? Apa pun itu, yang penting mulai aja dulu.

2 comments:

Neng Keke said...

Ini lagi mulai :)

furniture indonesia said...

Untu mendapatkan hasil yg memuaskan, membutuhkan proses yg lama