Pages

Friday, January 07, 2005

Saya Manusia Paling Tidak Kreatif


Saya memang manusia yang paling tidak kreatif. Tidak ada satu pun hasil perbuatan, pekerjaan atau pemikiran saya yang orisinal. Semuanya nyontek.
Makan nyontek orang tua.
Belajar nyontek orang pinter.
Kerja nyontek archive.
Naik motor nyontek om.
Jalan kaki nyontek pragawan.
Benar-benar tidak kreatif sama sekali.

Hal ini bukannya tidak saya sadari. Ratusan, ribuan bahkan jutaan cara dan metodologi telah saya coba. Hasilnya selalu balik lagi ke kotak satu (baca: back to square one; red.). Coba-coba jadi kreatif dalam bergaul, hasilnya basi. Kata orang-orang, saya rajanya basi. Mau kreatif dalam bekerja, hasilnya jadi nggak mutu. Hasilnya bikin orang nggak ngerti apa maksud pesan komunikasinya. Mau kreatif berkomentar hasilnya malah jadi sok tahu.

Terus terang saya sudah bosan dengan ke-tidak-kreatif-an hidup saya. Rasanya mau mati saja. Tapi saya tidak berhasil menemukan cara bunuh diri yang orisinil. Semua cara sudah ada pioneer-nya. Saya nggak mau dong nyontek buat mati. Saat nyawa saya terangkat dari raga, itu harus jadi moment yang spektakuler. Semua orang membicarakannya.

Mau bertahan hidup pun saya malu. Setiap hari saya cuma terisi dengan plagiasi-plagiasi. Benar-benar tidak orisinil. Benar-benar tidak kreatif. Saya memang orang yang paling tidak kreatif di dunia ini. Sumpah!


Inspired by Subiakto Priosoedarsono.

No comments: