Pages

Wednesday, January 19, 2011

Palu Hakim Menggonggong, Gayus Berlalu


Gayus sudah diputus bersalah oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Vonis 7 tahun potong tahanan dijatuhkan. Hampir 60% diskon dari tuntutan 20 tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum. Plus, Gayus harus membayar denda Rp 300 juta.

Legakah kita? Tentu tidak. Karena proses pengadilan ini nggak beda dengan dagelan politik yang biasanya digelontorkan oleh aktor-aktor kawakan dalam pentas pemerintahan bangsa kita. Proses peradilannya sendiri memiliki 'cacat' karena terjadi prose pengalihan kasus di dalamnya.

Dalam sebuah wawancara radio, pihak pembela Gayus sudah mewanti-wanti bahwa masyarakat jangan berharap banyak. Karena pada prosesnya, ada pengalihan wacana oleh pihak penyidik. Menurut putri dari Adnan Buyung Nasution, Gayus sudah menggelontorkan semua bukti mengenai keterlibatannya dalam hal penggelapan pajak yang berkaitan dengan rekening miliknya dimana jumlah saldo yang ada mencapai hingga 20 miliar rupiah. Pada proses pengadilan ini, menurut pihak pembela, perkara yang disidangkan adalah soal penyogokan pajak (jika tidak salah; saya sudah lupa juga persisnya bagaimana) yang jumlah kerugiannya hanya mencapai 500 juta rupiah. Sangat jauh panggang dari api bukan?


Lebih lanjut, pihak pengacara Gayus menambahkan bahwa saat ini, semua bukti-bukti mengenai penggelapan pajak yang berjumlah miliar-an itu ada di pihak penyidik. Entah kenapa, perkara itu sama sekali belum diutak-atik. Penyidik malah asik masuk dengan hal pritilan bernilai ratusan juta tadi.

Masalah ini lebih lanjut dijelaskan oleh Taufik Basari lewat kultwitnya. Berikut kumpulan dari "kicauan" Taufik yang saya kumpulkan. Penyantuman tweet dari Taufik ini belum mendapat ijin resmi dari beliau. Permohonan saya belum mendapat persetujuan. Seandainya dia berkeberatan, saya akan serta-merta menghapus komen dari beliau. Sementara ini, akan saya share saja dulu supaya kita semua bisa berkaca betapa bobroknya sistem penegakan hukum di negara kita tercinta ini.



Kasus gayus sejak awal diskenariokn polisi n jaksa utk gagal. Dakwaan dbonsai, kasus yg besar dtutupi, petinggi2 polri n kjaksaan dilindungi

Waktu penyidikan sengaja gak ditelusuri, di dakwaan jg ga ada smntr duit 25M udah dibuka blokirnya sm mabes n ga tau kemana

Aslinya memang dakwaan utk kasus PT SAT sgt lemah. Peran gayus utk kasus yg itu minim. Tuntutan jaksa jd tinggi krn disorot publik.

Mari kita refresh sedikit kasus gayus biar utuh dlm menyikapi vonis 7th n denda 300jt ini. Cekidot.

1.Kasus gayus bermula dr temuan aliran dana mncurigakan di rek gayus o/ ppatk, pastinya sy gak tau, tp bs jd yg 25M itu.

2.Temuan PPATK tsb sdh diberikan ke polisi, tp sm penyidik direkayasa kasusnya. Pasal2nya ada yg dihilangkan.

3.Penyidik bsm kejaksaan mengarahkan kasus gayus spy di persidangan bebas. Ini utk yg jilid 1 di PN tangerang

4.Yg tdnya kasus gayus yg 25M itu korupsi n pcucian uang sm penyidik n jaksa dibuat jd penyuapan spy bs bebas di pn tangerang.

5.Krn dipotong jd soal suap, uang 25M yg diblokir dibuka sm bareskrim mabes. Skrg uangnya ga tau kemana. Ini yg dbongkar susno.

6.Susno yg angkat soal buka blokir 25M o/ mantan bawahannya malah dibungkam dg kasus lain. Laporannya susno diumpetin.

7.Brigjen RE, Brigjen EM bsm jaksa CS n jaksa F yg menangani kasus gayus jilid 1, lawyernya HH.

8.Berhasillah gayus cm didakwa penyuapan di PN Tangerang. Dakwaan yg lemah jg.

9.Di sidang gayus di PN Tangerang ada skandal lg soal perubahan rencana tuntutan (rentut).

10.Tuntutan gayus di PN Tangerang berubah n diatur dg kesepakatan. Akhirnya gayus bebas. Uhuy.

11.Stlh tercium, akhirnya gayus diproses hkm lg utk jilid 2, yg nantinya diperiksa di PN jkt Selatan.

12.Dlm pemeriksaan jilid 2 gayus cerita banyak, trmsk keterlibatan perusahaan2 besar.

13.Gayus diperiksa o/ tim mabes yg dsebut tim independen yakni polisi yg tdk berdinas di bareskrim, biar keliatan obyektif. Apa yg trjadi?

14.Kasus gayus ttg mafia hkm yg melibatkan bareskrim tdk jelas arahnya malah dikacaukan. Kasus mafia pajak dibonsai.

15.Kasus mafia hkm yg shrsnya menyeret petinggi polri diarahkan ke hal lain dan kompol arafat dikorbankan. Jendralnya nyantai.

16.Kompol arafat malah disikat dg tuduhan menerima gratifikasi motor harley. Yg soal gayus n 25M-nya mana??

17.Harapan bhw gayus akan diadili utk kasus mafia hkm n mafia pajak pupus dg adanya dakwaan jaksa yg dibonsai.

18.kita sangka gayus diperiksa di PN selatan utk kasus mafia2an ini. Ternyata tidak!!!

19.Di PN Jkt Selatan gayus cuma didakwa utk kasus PT SAT sbsr 500jt. Dakwaan dibonsai. Ini yg buat ABN berang sm jaksa.

20.Bila diperhatikan peran gayus utk PT SAT ini kecil bahkan ringan. Tp kita terlanjur menaruh harapan pd persidangan PN Jkt Selatan ini.

21. Untung lawyernya gayus ABN, jd di sidang gayus mau ungkapkan kasus2 lainnya yg tdk dakwakan ke dia, pdhal bs aja gayus diam.

22.hakim gak bs berbuat banyak, yg diperiksa adl dakwaan yg memang segitu2nya. Nah jadilah put 7th ini.

23.Kalo lihat dakwaannya put 7th itu dah cukup mungkin malah berat. Tp apa boleh buat dasarnya adl dakwaan.

24.Kasus gayus ini hrs dimulai dg memeriksa seluruh Pemeriksa kasus gayus baik penyidik maupun penuntut, baik jilid 1 maupun 2.

25.Jd, kasus gayus memang intended to fail, sjk awal direncanakan utk gagal. Sekian.

1 comment:

hajarabis said...

nice..
sempatkan mengunjungi website kami http://www.hajarabis.com
sukses selalu!