Pages

Thursday, September 02, 2010

Sepeda Lipat? Itu Biasa. Ini Gitar Lipat!


Melihat dari bentuk fisiknya, gitar ini menawarkan sebuah terobosan baru untuk gitaris yang masih ngangkut sendiri peralatannya. Gitaris seperti ini biasanya yang sekedar hobby atau mereka yang baru merintis. Untuk gitaris kawakan, masalah dalam pengangkutan biasanya sudah ditangani oleh roadies. Gitaris-gitaris profesional yang sudah kawakan biasanya cukup berangkat, datang, main, pulang.

Kembali pada gitar ini, ada satu masalah yang akan jadi pertanyaan besar. Leher gitar (neck) merupakan satu kesatuan utuh dari sebuah gitar. Ia turut berperan dalam menghasilkan suara yang bulat. Format gitar lipat seperti ini sudah barang tentu akan membuat terjadinya perubahan pada tone suara yang dihasilkan, dimana untuk mereka yang peka dan sensitif dengan bunyi, ini bukan hal yang bisa dijadikan kompromi. Itu sebabnya kenapa banyak gitaris yang lebih memilih stomp box (efek mobil-mobilan) ketimbang efek digital "banyak in one".

Belum lagi, senar yang tergulung saat leher gitar dilipat. Sudah pasti seteman akan berubah. Bisa jadi setiap lipat-pasang sang pemilik gitar harus menyetem ulang. Agak repot ya.

Namun layaknya temuan perdana, produk ini tentunya sangat membuka ruang untuk banyak penyempurnaan. Setidaknya dia sudah memulai satu terobosan baru. Dan untuk itu, produk ini layak diacungi satu jempol. Berminat?

No comments: