Pages

Thursday, November 20, 2008

Sisi Lain Kreativitas

Seorang teman baru saja diberkahi kebahagiaan. Buah karyanya dianugerahi sebuah penghargaan. Bukan penghargaan tertinggi, bukan pula penghargaan yang luar biasa hebatnya. Sebuah penghargaan sederhana atas 'temuannya' memodifikasi metode X dengan pendekatan Y. Sederhana sekali dan dibungkus dengan cara yang tidak kalah sederhananya.

Metode X dan pendekatan Y yang dia gunakan sendiri, bukan pula barang baru. Di beberapa tempat, orang-orang sudah menggunakan masin-masing elemen tersebut secara parsial.

Mungkin 'ketidak-terlalu-baruan' tersebut menjadikan beberapa pihak lantas merasa keki sehingga berucap dengan sedikit mencibir, "kalo gitu gue juga bisa".

Teman saya, dengan sedikit kehilangan rasa bahagia, bercerita pada saya.

Pesan saya cuma satu. Ingat aja cerita tentang telor Kolumbus. Saat semua orang diminta mendirikan telor matang, tidak ada satu pun yang berhasil. Kolumbus lantas mengambil telor tersebut, memecahkan sedikit pantatnya, sehingga telor tersebut dapat berdiri tegak.

Semua orang berteriak "kalo gitu, semua orang juga bisa, lantas apa hebatnya?"

Kolumbus lantas berkata, "lalu, kenapa kalian tidak melakukannya?"

Ya. Kita kadang terlalu sibuk dengan mencari hal-hal luar bisa dalam satu jalur hingga kadang melupakan hal sepele. Hal sepele seperti yang dilakukan teman saya tersebut. Hal sepele yang membuat sebagian orang mencibir dan berkata sinis. Hal sepele yang sebeneranya bisa dilakukan semua orang. Tapi kenapa begitu banyak juga yang nggak kepikir melakukannya?

Sesungguhnya kreativitas tidak terpaku hanya pada menghasilkan hal baru. Kadang, hal baru itu justru hadir saat kita sekedar menggabungkan dua hal yang kelihatannya sepele.

Jadi teman... nggak usah didengar omongan yang kurang asoi itu. Teruslah mencoba. Kalau kali ini belum sempurna, bukan berarti upaya kalian belum pantas untuk dihargai.

No comments: