Pages

Wednesday, January 16, 2008

Adam Fulara



Iseng browsing websitenya Paul Gilbert, salah satu linknya (sori lupa di bagian mana) mengacu pada video Adam Fulara di situs video paling populer saat ini. Komentar Paul untuk video ini lucu sekali. Dalam Bahasa kira-kira seperti ini "Nih orang tampangnya konyol, tapi mainnya keren banget". Sebuah komplimentari yang bikin penasaran mengingat pemilik website itu sendiri merupakan salah satu gitaris idola saya.

Pas nonton videonya, emang bener. Tampangnya cupu, tapi mainnya mak... gak nyangka deh gitar bisa dimainin dengan teknik sedemikian luar biasanya sampai bisa menghadirkan satu bagian dari komposisi klasik Johan Sebastian Bach berjudul BWV 848. Ngomong-ngomong ada yang tahu nggak BWV itu apa artinya? Dalam situs resmi yang dipersembahkan untuk J. S. Bach, komposisi-komposisi hasil karyanya bisa terkategori lewat nomor-nomor BWV ini. Total ada sekitar 1200 BWV yang sudah dihasilkan. Luar biasa sekali komposer ini.

Kembali ke kang Adam, permainannya yang begitu mengagumkan itu jelas bukan hasil pendalaman teknik seminggu. Sepertinya bisa bertahun-tahun. Saya ingat dulu, mempelajari teknik bermain Paul Gilbert di salah satu album Mr. Big, Lean Into It, bisa makan waktu sampai seminggu untuk satu lagu. Padahal teknik bermainnya masih menggunakan teknik dasar (hamering, finger picking). Nah si Adam Fulara ini mengembangkan teknik two handed tapping tanpa finger picking. Ini tentu saja butuh penyesuaian yang luar biasa mengingat secara refleks, seorang pemain gitar biasanya menggunakan tangan kanan untuk memetik. Pun jika melakukan teknik hammer on, biasanya hanya satu jari, bukan empat jari seperti yang dilakukan Adam.

Jadi pingin latihan gitar lagi hehehe. Gitar listrik satu-satunya yang boleh beli (tepatnya dibeliin sih :p) di jaman SMA, sudah nyaris dua tahun tak tersentuh. "Istri" pertama saya itu sepertinya sudah berteriak minta diperhatiin lagi.

Pilihan yang berat, main sama anak, ngobrol sama istri kedua... atau memainkan "istri" pertama?

3 comments:

Neng Keke said...

Generasi metal 80-an neh? :p

dlumenta said...

BWV itu bukan nama komposisi. Itu adalah kode indeks katalog di mana manuscript asli karya2 Bach disimpan (Bach Werke Verzeichnis). Ini karena tidak semua karya Bach ada judulnya atau rampung.

Budi 'bucin' Santoso said...

KEKE:
ho oh... ihiks, jadi tengsin.

DAVE:
thx Dave. sangat membantu.