Pages

Tuesday, July 01, 2008

Creativity Knows No Boundary

Saya pernah bertanya pendapat salah seorang senior atas hasil karya tulis saya.
"Gimana, udah ok belum?"
Pertanyaan yang penuh harap. Berharap dia akan memberi masukan-masukan yang bermanfaat. Berharap dia bisa menunjukkan saya pendekatan yang beda, yang bisa membuat tulisan lebih tajam.

Tapi jawaban yang saya terima sungguh di luar dugaan. Dia bilang, "Elo udah puas belum?". Saya malah jadi bingung, secara dia lebih kaya pengalaman, mustinya bisa menunjukkan kekurangan saya. Eh ini malah nanya balik.

"Hm... udah sih."

"Kalo gitu ini udah ok."

"Lho... kok gitu? Masak sih?"

"Nah berarti elo belum puas."

"Udah kok. Tapi kan elo lebih ahli jadi bisa nunjukin kekurangannya di mana?"

"Kreativitas itu nggak kenal cukup. Selama elo masih mau menggali, akan selalu terbuka peluang untuk "penyempurnaan". Jadi masalahnya sebenarnya bukan udah ok atau belum, tapi elo udah puas belum?"

"Hm.... gitu ya. Ya udah deh. Puas."

"Kalo gitu, ini udah ok."

"Hehehehe... thanks yah..."


Didedikasikan untuk semua teman yang sudah mengorbankan darah, keringat dan air mata dalam berkarya. Kesempurnaan itu nggak akan pernah cukup, yang penting kita sudah berusaha keras memberi yang terbaik.

No comments: