Pages

Monday, May 08, 2006

Happy 1st Anniversary

Nggak terasa, udah setahun saya gabung dengan tempat sekarang. Setahun yang penuh deraan dan penempaan. Bisa dibilang hampir semua yang saya dapat mengenai iklan dan segala seluk-beluknya adalah baru sampai pada dasar/permulaan saja.

Berada di sini, saya mencoba melihat segala-sesuatu dari perspektif yang berbeda. Mempelajari hal-hal yang tak pernah terpikirkan sebelumnya. Terbiasa dengan mendayung perahu berpasangan, saya dan pasangan bekerja sudah terpola dalam sebuah pengkotakan (istilah kerennya: spesialisasi) tanggung jawab. Sekarang saya harus bertanggungjawab mempersiapkan perahu, menentukan arahnya, memilih jenis kayu yang cocok, memutuskan cara mendayung yang efisien, menyemangati mereka yang kelelahan dalam mendayung, mengantisipasi ombak besar, dll... dll. Sebuah tanggungjawab besar yang benar-benar tak terpikirkan sebelumnya.

Sekarang saya juga harus bisa melihat menggunakan kacamata pengamat dari mercusuar. Keterlibatan pada hal yang hingga sekecil-kecilnya kerap membuat saya lupa bahwa arah perahu ini mulai berubah. Kompas yang seharusnya menjadi penentu arah justru malah sering rusak karena terus-menerus tersiram atau bahkan tercebur di air laut. Mau nggak mau, ilmu klasik perbintangan kembali jadi andalan. Tapi sepertinya memang harus begitu, pas banget dengan taglinenya Lowe: "Back To Square One". Hal yang selalu terjadi dalam pekerjaan kita. Eksplorasi kesana-kemari, balik-baliknya ke langkah awal lagi :).

Hal yang paling sulit tapi justru paling penting dalam tempat sekarang adalah membunuh ego. Bisa menerima kenyataan kalau kita memang cuma manusia biasa. Manusia dengan segala kelebihan + banyak kekurangan. Menerima kenyataan bahwa dalam kondisi tertentu, pilihan dayung dari orang yang pengalaman mendayungnya lebih pendek dari kita; kadang adalah pilihan yang lebih tepat.

1 year have passed, so many years to come. Entah berapa lama lagi harus menempa diri. Tapi kalau kata orang sih, pelajaran tak kenal henti. Sepertinya cara yang lebih asik adalah nyiapin bekal supaya dalam pendayungan berikutnya, saya punya bekal yang memadai sehingga nggak perlu kehabisan tenaga. Mari nyanyikan sama-sama: "Ayoooo sekolaaaaaaaah".

No comments: